“Kita mulai dari Nol ya dan masjid di sebelah kiri.”

Posted on 13. Oct, 2016 by in Universitas Muhammadiyah Malang

Masjid AR-Fachruddin, yang terletak di Jalan Raya Tlogomas merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara, yang memadukan 3 kebudayaan sekaligus yaitu Jawa, Arab, Modern. Jawa ditandai cungkup di ujung masing-masing kubah. Ornamen dan kubah dibentuk secara modern, dan pilar-pilar yang kokoh menjulang tinggi menggambarkanmasjid-a-r-fachruddin bangunan tauhid yang menghujam. Dan perlu diketahui, bahwa pada tahun 1998, masjid ini telah diresmikan oleh Bapak BJ.Habibie (presiden RI ke-3).

Luas bangunan Masjid AR-Fachruddin sendiri adalah 14.834.70 meter. Yang dibagai menjadi beberapa lantai yaitu  5 lantai sekaligus. Masjid AR-Fachruddin bukan hanya digunakan untuk tempat beribadat, tapi juga digunakan untuk perkuliahan dan perkantoran.

Seperti contoh di lantai 3-5 memang digunakan untuk tempat beribadat, sedangkan pada lantai 1 digunakan sebagai tempat perkantoran, katin, kopkar, ATM, Bank, bimbingan konseling, poliklinik, radio UMM FM, dan beberapa kantor pusat studi lainnya. Naik ke lantai 2, juga digunakan untuk perkantoran takmir masjid, perpustakaan, ruang perkuliahan, laboratorium Psikologi, tempat wudhu.

Karena itu, diharapkan masjid ini bukan hanya dimanfaatkan untuk nila-nilai keagamaan, tapi juga sebagai fasilitas penunjang sarana ilmu akademik dan pelayanan sosial.

sumber : klik disini

klik disini

 

SPBU UMM

Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) UMM telah dibangun di sebelah Barat Masjid AR. Fachruddin, hal ini dibangun untuk dapat membantu mahasiswa dalam hal finansial karena uang yang telah di bayarkan terus diputar untuk siswa.

SPBU UMM akan dilengkapi dengan cafetaria dan resting area yang bertempat di lantai dasar. Pendirian SPBU ini dinilai sangat prospektif karena jumlah mahasiswa, dosen dan karyawan UMM sangat banyak dengan kebutuhan bahan bakar kendaraan sangat tinggi.

SPBU UMM diharapkan dapat beroperasi secara maksimal bukan hanya untuk mahasiswa namun juga untuk masyarakat umum yang membutuhkan bahan bakar kendaraan.

sumber : klik disini

spbu

Leave a Reply